Kamis, 04 April 2013

Tugas Softskill

Nama   : Faizal Reza
Kelas   : 4KA10
NPM   : 12109327

SOAL B
1. Buatlah paper mengenai analisa terhadap jenis pekerjaan apa saja yang ada di Sektor Swasta untuk lulusan Program Studi  Sistem Informasi
Jawaban :
a. Kompetensi Bidang Database dan Data Mining
Kompetensi dalam bidang Database dan Data Mining menekankan pada kemampuan lulusan dalam keahlian Database dan Data Mining. Perkembangan teknologi komputer yang cukup pesat belakangan ini membuat data elektronik bertambah dengan cukup pesat. Data dalam jumlah besar tersebut harus dianalisa agar bermakna dan memberikan informasi yang bermanfaat.
 

b. Bidang Sistem Informasi Geografis
Kompetensi dalam bidang Sistem Informasi Geografis (SIG) menekankan pada kemampuan lulusan dalam perancangan dan pembuatan sistem Informasi Geografis. SIG adalah sistem informasi yang mengelola data spasial dan memiliki kemampuan membangun, menyimpan, mengelola, dan menampilkan informasi berbasis geografis. Teknologi SIG belakangan ini banyak digunakan untuk melakukan investigasi ilmiah, pengelolaan sumber daya alam, perencanaan pembangunan dan wilayah, penanganan bencana, kartografi, dan perencanaan jalan.
 Lulusan bidang kompetensi Sistem Informasi Geografis dapat berprofesi sebagai peneliti, pengajar, tenaga ahli dalam pemetaan berbasis geografis dan berprofesi sebagai konsultan bidang sistem informasi data spasial. Lulusan bidang kompetensi ini berpeluang untuk bekerja pada Badan Perencanaan Daerah (Bappeda), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Kementerian Kehutanan, Badan Pertanahan Nasional (BPN), perusahaan pertambangan dan energi, dan perusahaan-perusahaan swasta lain yang bergerak dalam bidang pemetaan dan sistem informasi data spasial.

c. Kompetensi Bidang Jaringan
Kompetensi dalam bidang Jaringan menekankan pada kemampuan lulusan dalam merancang, membuat dan menganalisa sistem jaringan komputer berteknologi Wireless, Local Area Network (LAN), Wide Area Network (WAN), dan Metropolitan Area Network (MAN). Teknologi Jaringan belakangan ini berkembang dengan sangat pesat seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Lulusan dalam kompetensi ini diharapkan mampu merancang sistem jaringan komputer yang handal, mampu menganalisa masalah sekuritas jaringan komputer dan mampu mengantisipasi serangan terhadap jaringan dari pihak lain. Lulusan dalam bidang kompetensi Jaringan dapat berprofesi sebagai tenaga ahli dalam merancang dan membangun sistem jaringan komputer yang handal dan berprofesi sebagai konsultan jaringan. Lulusan bidang kompetensi ini berpeluang untuk bekerja pada perusahaan telekomunikasi, perusahan Internet Service Provider (ISP), perusahaan penerbangan, perusahaan listrik, perbankan, dan instansi pemerintah.

2. Berikan contoh studi kasus terkait pelanggaran terhadap etika profesi dibidang Sistem Informasi dan  penerapan etika profesi dibidang Sistem Informasi.
Jawaban :
a. Contoh studi kasus pelanggaran terhadap etika profesi dibidang SI
Cyber Espionage, Sabotage and Extortion
Merupakan kejahatan yang memanfaatkan jaringan internet untuk melakukan kegiatan mata-mata terhadap pihak lain dengan memasuki system jaringan computer pihak sasaran.
Selanjutnya, sabotage and extortion merupakan jenis kejahatan yang dilakukan dengan membuat gangguan, perusakan atau penghancuran terhadap suatu data, program computer atau system jaringan computer yang terhubung dengan internet.

b. Penerapan
1. Menjunjung tinggi martabat profesi
2. Menjaga dan memelihara para anggota profesi

Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar